Pages

Senin, 28 Maret 2011

Introduction

Ini adalah blog pembelajaran fisika terkhusus materi fluida dinamis. Blog ini saya buat untuk digunakan sebagai salah satu instrumen penelitian saya guna meraih gelar S1 di Universitas Sriwijaya. Adapun judul penelitian saya adalah "Penerapan Pekerjaan Rumah yang Fleksibel Berbasis Internet pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis di Kelas XI SMAN 5 Palembang”.

Pekerjaan rumah yang fleksibel dalam penelitian ini yaitu pekerjaan rumah yang diberikan dengan jumlah soal 5 dengan tingkat kesulitan berbeda, siswa bebas (fleksibel) memilih 3 soal yang akan dikerjakan dan waktu pengumpulannya pun bebas (fleksibel) kapan saja siswa selesai mengerjakannya sebelum waktu (tempo) pengumpulan habis yaitu seminggu.

Selain itu, dalam pekerjaan rumah yang fleksibel ini siswa diberikan petunjuk jawaban berupa konsep materi dan jawaban akhir soal. Soal, petunjuk jawaban, materi yang terkait, contoh soal, dan ketentuan pengumpulan pekerjaan rumah termuat dalam satu blog yang sudah dibuat oleh peneliti yang bisa diakses kapan saja. Dan di akhir setelah batas waktu pengumpulan jawaban pekerjaan rumah habis, peneliti memberikan solusi lengkap agar siswa dapat mengevaluasi kesalahan dan bisa memperbaiki kesalahan tersebut saat menemukan soal yang serupa.

Pelaksanaan pembelajaran berbasis internet pada penelitian ini yaitu peneliti menerapkan pembelajaran dengan metode web enhanched course, yaitu guru tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara tradisional dan tatap muka di kelas reguler dengan dibantu suatu web sebagai sarana penunjang kegiatan belajar siswa.

Alasan saya memilih sekolah ini karena SMAN 5 Palembang termasuk sekolah unggulan dalam bidang ICT di Palembang. Dalam pembelajarannya pun sudah terbiasa dengan menggunakan komputer dan internet. Selain itu, di lingkungan SMAN 5 Palembang terdapat jaringan internet gratis (hotspot) yang bisa diakses kapan saja.

Semoga blog ini dapat bermanfaat baik untuk saya sendiri, guru, maupun siswa. Maaf jika dalam penyediaan materi masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Saran dan kritik dari semua pihak sangat membantu dalam penyempurnaan blog ini. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar