Pages

Senin, 28 Maret 2011

Fluida Ideal (pertemuan 1)

A. Fluida Ideal
Sifat-sifat fluida ideal:
1. Fluida bersifat tidak kompresibel
Yang dimaksud tidak kompresibel adalah bahwa jenis fluida tidak tergantung pada tekanan. Pada umumnya, fluida (terutama gas) bersifat kompresibel, yaitu bahwa massa jenis fluida bergantung pada tekanannya. Ketika tekanan gas diperbesar, misalnya dengan memperkecil volumenya, massa jenis gas bertambah.

2. Aliran fluida tidak turbullen
Yang dimaksud aliran turbullen, secara sederhana adalah aliran yang berputar-putar, misalnya asap rokok yang mengepul merupakan aliran turbulen. Lawan dari aliran turbulen adalah aliran laminer (streamline).

3. Aliran fluida bersifat stasioner (tunak)
Pengertian stasioner di sini hampir sama dengan pengertian stasioner pada gelombang stasioner. Aliran bersifat stasioner bila kecepatan pada setiap titik sembarang selalu konstan. Ini berarti bahwa kecepatan aliran fluida di titik A sama dengan di titik B. Yang dimaksudkan di sini adalah kecepatan aliran di titik A selalu konstan, misalnya vA, tetapi tidak harus vA = vB .

4. Fluida tidak kental (non-viskos)
Adanya kekentalan fluida menyebabkan timbulnya gesekan pada fluida. Dalam fluida ideal, kita mengabaikan semua gesekan yang muncul, yang berarti mengabaikan gejala viskositas.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus.....bagus.....

Anonim mengatakan...

fuckin' bitch.....!!!!!

Poskan Komentar